Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx

“Super-fast and great-looking, Ubuntu is a secure, intuitive operating system that powers desktops, servers, netbooks and laptops. Ubuntu is, and always will be, absolutely free.” www.ubuntu.com

Ubuntu yang merupakan distro terpopuler linux menarik perhatian saya.Booting  yang cepat seperti menjanjikan performa yang lebih ‘ngegas’. nb:boot ubuntu standar lebih cepat dari windows xp saya.

Ubuntu, sebuah penamaan distro Linux yang diambil dari ideologi etis Afrika Selatan, berasal dari Bahasa Bantu (Bahasa Asli Afrika Selatan) yang mengandung arti :Rasa Perikemanusiaan untuk sesama. Ya, benar maka dari itulah Ubuntu memakai jargon Linux for Human Being. Lucid Lynx, merupakan codename untuk ubuntu versi 10.04. Lucid diartikan jelas, mudah dipahami dan mudah diikuti sedangkan Lynx adalah seekor hewan mirip kucing dengan berat 10-20 Kg, berbulu tebal dan matanya sanggup melihat tikus dalam jarak 75 meter, mempunyai jambul di telinga yang berperan sebagai alat bantu pendengaran yang luar biasa. Hidup di Amerika Utara, Eropa dan Asia tapi sayang terancam punah karena banyak diburu karena bulunya yang cantik dan indah.

Penamaan rilis ubuntu selain menggunakan versi juga menggunakan code name. Versi berupa angka menunjukkan tahun release dan bulan release. Misal Ubuntu yang release tahun 2009 bulan Oktober maka versi ubuntunya adalah 9.10 jika nanti release tahun 2010 bulan Oktober berarti Ubuntu 10.10. Yang kedua menggunakan Code Name, berupa dua kata adjective ditambah nama hewan-hewan yang terancam punah/langka. Misal Koala Karmic=Koala berkarma, Lucid Lynx = Kucing mudah diikuti, Maverick Meerkat = Meerkat yang pemberontak.

LTSLong Term Support. Akan disupport pemakaian dan penggunaannya lebih lama dari versi biasa. 3 tahun untuk Ubuntu Desktop Edition dan 5 tahun untuk Server Edition. Dan jenis LTS ini hanya rilis setiap dua tahun sekali. Pada 2006 ada Ubuntu Dapper Drake (6.06), 2 tahun kemudian Ubuntu Hardy Heron (8.04) dan yang ketiga Lucid Lynx (10.04).

Sebelumnya saya pernah mencoba ubuntu 8.04 LTS Hardy Heron, kopiannya juga dapat dari penyewaan vcd hwkwkwk. Hanya seminggu lebih saya mencobanya, permasalahan di wifi yang tak kunjung sembuh serta update yang bikin laptop saya ‘hang’ membuat hati kecil saya mengatakan “it’s time to lucid lynx” (lebay mode : on). Pada saat itu kebetulan juga final release lucid lynx keluar, ya langsung saya download dari ubuntu.com.

Pertama mencoba lucid lynx via live cd sudah membuat saya cukup puas, bug di wifi pada 8.04 sudah teratasi dan browsing berjalan lancar. Semua hardware juga sudah competible, tidak perlu seperti windows saat install ulang harus dipusingkan dengan install driver ini itu, hanya beberapa saja yang tidak kompetible dengan ubuntu dan disinilah forum-forum ubuntu di internet siap membantu anda😀. Bagi yang suka bermain di social networking kita juga bisa menggunakan fitur ubuntu one untuk menghubungkan dengan account social networking kita.

LINUX = SUSAH?

Banyak orang beralasan pemakaian linux susah, sudah terlalu banyak orang yang kalah sebelum berperang. Padahal dari awal malah lebih mudah ubuntu menurut saya. Padahal jika belajar tidak ada yang sulit, saat mencoba linux gunakanlah dahulu yang berbasis GUI Dari install OS ubuntu jauh lebih mudah daripada windows. Saat dengan windows kita di sering mendapatkan masalah virus, tapi tidak dengan linux, linux bisa dibilang bebas virus🙂. Ketika ubuntu kita rusak filenya, file booting hilang dll kita bisa menggunakan live cd untuk repairnya, untuk kopi file” kita yang belum di backup. Kebanyakan aplikasi umum windows juga sudah ada di Ubuntu. Aplikasi Linux Rumit? Aplikasi yang sering saya gunakan di windows dan penggantinya di ubuntu sebagian besar sama persis dari versi windowsnya. open office merupakan kopian dari microsoft office, gimp merupakan kopian dari photoshop.

Berikut adalah daftar aplikasi yang sering saya gunakan :

Windows – Ubuntu Linux

  • Microsoft office = open office
  • Adobe Photoshop = Gimp
  • Guitar Pro = Tux Guitar
  • Winamp, Itunes = Rhytimbox, audacious, songbird
  • yahoo messenger = pidgin, gyachi
  • bit torrent = transmission bit torrent client
  • Mozilla, Ie, Google chrome = Mozilla, Ie, Google chrome buat linux ada tuh
  • Tweetdeck =  Tweetdeck buat linux juga ada.
  • Rocketdock, rainmeter = cairodock, Compiz

Kalau masih belum cukup juga kita bisa memakai program windows, dengan menggunakan wine kita bisa menjalankan file ekstensi *.exe di ubuntu. Install program pada ubuntu juga mudah, berbasiskan debian program tinggal klik klik saja installnya. Mau lebih mudah bisa juga lewat Ubuntu Software Center dan synaptic package manager. Ganti tampilan tinggal buka appearance, mau ada dock kayak mac? cairo dock ada, mau efek” tampilan sekeren mac dan sejernih windows? compiz dan berbagai pluginnya menunggu anda. Siapa bilang linux itu sulit? Mungkin dalam beberapa case iya, saya pernah mencoba distro backtrack4, lebih sulit memang mau hidup sama shutdown saja berbasis CLI. Mau idupin harus ketik startx dulu, mau matiin shutdown -p now blablabla. Tapi tidak dengan ubuntu yang sudah berbasis GUI, hidup lebih tenang dan nyaman dengan ubuntu wkwwkkw.

Mulailah dari Ubuntu. Maka dimulailah keruntuhan dari kerajaan microsoft. Dukung terus open source!

Tagged , ,

2 thoughts on “Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx

  1. mk says:

    saya dulu juga pengguna ubuntu, tapi sayangnya netbuk saya wind u210 terasa berat jika memakai ubuntu 10.10, dan banyak bug. akhirnya saya pindah pakai fedora core 14. lebih ringan dan awalnya saya pikir fedora lebih sulit dari ubuntu, ternyata tidak.

    • deadsleep says:

      kalo pake netbook kayaknya lebih bagus pake ubuntu netbook edition, kalo masih berat juga coba ganti desktop environtment yg lxde, soalnya gnome emang lumayan berat masbro🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: